pengertian narkoba jenis jenis narkoba dan bahaya narkoba

Pengertian narkoba atau napza yang paling sering kita jumpai adalah pengertian narkoba menurut para ahli, pengertian narkoba menurut pakar kesehatan, dan pengertian narkoba menurut BNN. Adapun pengertian narkoba secara umum adalah semua zat yang mengandung efek berbahaya dan dapat menimbulkan ketagihan bagi pengunanya.

Pengertian Narkoba Menurut BNN
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan obat/bahan berbahaya. Dalam istilah lain yang diterangkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif. Dari kedua istilah ini baik "narkoba"napza" semua mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduan bagi pengunanya.

Pengertian narkoba menurut para ahli
  1. Pengertian narkoba menurut Kurniawan (2008). Narkoba adalah Zat kimia yang dapat mengubah psikologi seperti perasaan, fikiran, suasana hati serta prilaku jika masuk kedalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena dan lain sebagainya.
  2. Pengertian narkoba menurut Jackobus (2005). Narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa dan dapat menimbulkan ketergantungan.
  3. Pengertian narkoba menurut Ghoodse (2002). Narkoba adalah zat kimia yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan, ketika zat tersebut masuk kedalam organ tubuh maka terjadi satu atau lebih perubahan fungsi didalam tubuh. lalu dilanjutkan lagi ketergantungan secara fisik dan psikis pada tubuh, sehingga bila zat tersebut dihentikan pengkonsumsiannya maka akan terjadi gangguan secara fisik dan psikis.
  4. Pengertian narkoba menurut Wresniwiro (1999). Narkoba adalah zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan, karena zat-zat tersebut bekerja mempengaruhi saraf sentral.
  5. Pengertian narkoba menurut Wartono (1999). Narkoba adalah dampak yang ditimbulkan antaralain dapat berupa gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat bagi pemakai, sedangkan dampak sosialnya dapat menimbulkan kerusuhan di lingkunan keluarga yang menyebabkan hubungan pemakai dengan orang tua menjadi renggang, serta menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan seperti pencurian atau penodongan.
  6. Pengertian narkoba menurut Ikin A.Ghani, Narkoba adalah berasal dari kata Narkon yang berasal dari bahasa yunani yang artinya beku dan kaku. Dalam ilmu kedokteran juga dikenal istilah Narcoseatau Narcicis yang berarti membiuskan.
  7. Pengertian narkoba menurut Soerdjono Dirjosisworo, Narkoba adalah zat yang bisa menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh,  pengaruh tersebut bisa berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan manusia dibidang pembedahan, untuk menghilangkan rasa sakit dan lain-lain.
  8. Pengertian narkoba menurut Smith Kline dari French clinical (1968). Narkoba adalah zat-zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat-zat tersebut bekerja mempengaruhi susunan saraf sentral. Dalam definisi ini sudah termasuk jenis candu dan turunan candu (morphine, codein, heroine) dan candu sintesis (Meperidinedan  Metadone).
  9. Pengertian narkoba menurut B. Simanjuntak, Narkoba berasal dari kata "Narcissus" sejenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai bunga yang dapat membuat orang menjadi tak sadar.
Pengertian narkoba menurut pakar kesehatan
Menurut pakar kesehatan Narkoba adalah Psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. namun persepsi itu disalahgunakan akibat pemakaian yang melibihi batas (over dosis).
Dari definisi narkoba di atas dapat disimpulkan bahwa narkoba adalah segala zat berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan ketergantungan bagi si pengguna.

jenis jenis narkoba
Jenis jenis narkoba menurut bnn dibagi menjadi tiga (3) yaitu narkotika, psikotropika, dan zat adiktif. Dari masing-masing jenis narkoba tersebut penjelasannya sebagai berikut
1.Narkotika
Narkotika ini jenisnya terbagi lagi menjadi beberapa bagian, dan untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian dari narkotika dan jenis jenisnya dapat anda baca
2.Psikotropika
Psikotropika ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, untuk lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis psikotropika ini dapat anda baca
3.Zat Adiktif
Zat adiktif adalah segala sesuatu yang memiliki sifat candu dan berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Lebih lengkapnya dapat anda baca

Jenis jenis narkoba di atas adalah secara garis besar dan untuk melihat secara lebih rinci jenis dari narkoba dan penjelasannya dapat anda baca di jenis jenis narkoba

 Bahaya narkoba bagi kesehatan
Seperti yang telah disebutkan dalam pengertian narkoba di atas bahwa narkoba memiliki sifat ketagihan dan jika dikonsumsi dapat merusak tubuh terutama terganggunya susunan saraf pusat di otak yang secara otomatis berdampak luas pada organ-organ tubuh yang lainnya, begitu juga terhadap prilaku akibat dari efek yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba.

Bahaya narkoba secara umum dapat dibagi menjadi dua dan untuk lebih jelasnya mengenai bahaya narkoba dapat anda baca di bahaya narkoba

Related Posts: