Ciri Ciri Pemakai (Pecandu) Narkoba

Pemakai atau Pecandu narkoba memang tidak ubahnya seperti kebanyakan orang yang bukan pemakai narkoba, mereka terlihat sehat dan tetap dapat beraktifitas seperti kebanyakan orang bahkan sebagian dari mereka berdaliih menggunakan narkoba untuk memudahkan mereka dalam berkreatifitas dan apakah itu benar tentu saja tidak ada pembenaran dengan alasan tersebut.

Jika seorang pecandu narkoba sama dengan orang kebanyakan yang tidak menggunakan narkoba, adakah ciri-ciri khusus yang membedakan seorang pecandu narkoba? itulah yang akan saya bahas pada artikel ini namun perbedaan yang paling menonjol dapat terlihat jika kita menemukan/melihat si pemakai narkoba ketika sakaw. 

Banyak kasus narkoba yang terungkap yang cukup menyita perhatian publik indonesia beberapa tahun terakhir ini, terutama dari kalangan artis khususnya. Sebagai contoh adalah kasus narkoba yang menjerat artis top Raffi Ahmad dan masih bayak lagi artis-artis nasional yang ternyata mereka adalah pemakai/pecandu narkoba dan sudah berlangsung bertahun-tahun, bahkan keluarga, kerabat dan sahabat dekatnya pun tidak mengetahui hal tersebut.
ciri ciri pemakai (pecandu) narkoba
Bagaimana cara mengetahui seseorang/orang terdekat kita termasuk pemakai/pengguna narkoba? untuk mengetahuinya perlu dilakukan tes urine atau juga sample darah, tapi tentu saja menjadi sesuatu yang lucu jika tiba-tiba kita memaksa seseorang, teman, kerabat, atau saudara terdekat kita untuk melakukan tes urine. Untuk itu sebelum melakukan dua hal tersebut ada baiknya mengamati terlebih dahulu perilaku keseharian orang tersebut yang kita curigai melakukan penggunaan narkoba (pecandu). Nah untuk itu perlu kita ketahui ciri-ciri seorang pecandu narkoba, dan di bawah ini adalah beberapa ciri yang dapat dijadikan rujukan.

Ciri-ciri pemakai (pecandu) narkoba

  1. Perubahan perangai atau kepribadian yang sangat mencolok contohnya seseorang yang biasanya periang tiba-tiba menjadi pemurung, mudah tersinggung bahkan arogan tanpa alasan jelas, begitu juga sebaliknya yang pendiam tiba-tiba menjadi periang, dan perubahan ini berlangsung sementara dan tiba-tiba
  2. menjadi seorang pemalas/tidak bersemangat dan tidak memperdulikan kebersihan namun terkadang menjadi sangat rajin bahkan tampak tidak mengenal lelah
  3. menjadi tidak disiplin dan lebih senang menyendiri dan suasana gelap dan tidak suka ber-interaksi
  4. lingkungan pergaulannya berbeda dari biasanya dan lebih senang bergaul dengan orang-orang tertentu saja yang mempunyai ciri-ciri seperti tanda-tanda diatas
  5. sering cemas, mudah stress dan curiga
  6. tiba-tiba menjadi seorang pelupa dan melakukan tindak kriminal
Dari ciri-ciri diatas sebagian besar mengacu pada perubahan sikap/kepribadian yang mana ini dapat dijadikan rujukan sebelum memastikan dengan cara tes urine atau sample darah sehingga dengan lebih cepat teridentifikasi tentu lebih cepat pula memberikan penanganan baik itu melalui rehabilitasi narkoba ataupun terapi narkoba.

Related Posts: