gejala dan ciri-ciri demam berdarah dengue

Demam berdarah dengue bukan penyakit yang asing lagi di Indonesia khususnya namun penyakit ini tidak henti-hentinya memakan korban, selain karena kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan ternyata masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui gejala dan ciri ciri demam berdarah dengue sehingga banyak penderita penyakit demam berdarah terlambat mendapat pertolongan medis karena jenis penyakit ini tidak jauh berbeda dengan penyakit demam panas pada 1-3 hari pertama.

jenis nyamuk aedes aegypti
jenis nyamuk aedes aegypti
Sebelum lanjut ke topik permasalahan mengenali gejala dan ciri ciri deman berdarah perlu saya revew sedikit tentang penyebab dari penyakit demam berdarah dengue.
Demam berdarah atau dikenal juga dengan DBD ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh jenis nyamuk yang disebut nyamuk Aedes Aegypti yang biasa hidup di dalam rumah khususnya ruangan yang sejuk, lembab dan gelap terlebih lagi jika di sekitar rumah terdapat air jernih yang tergenang, tempat-tempat seperti yang sudah saya sebutkan tadi sangat disukai oleh jenis nyamuk Aedes Aegypti.

jenis nyamuk aedes albopictus
jenis nyamuk aedes albopictus
Selain jenis nyamuk Aedes Aegypti ternyata ada satu lagi jenis nyamuk yang lain yaitu nyamuk Aedes Albopictus. Jenis nyamuk Aedes Albopictus  biasanya hidup di kebun sekitar rumah. Dari dua jenis nyamuk pembawa virus dengue, di Indonesia jenis nyamuk Aedes Aegypti lebih populer sebagai pembawa virus dengue. Pada gambar 1 dan 2 bisa kita lihat perbedaan antara jenis nyamuk aedes aegypti dengan aedes albopictus dan keduanya adalah jenis nyamuk pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

gejala dan ciri ciri demam berdarah dengue

Secara umum gejala demam berdarah sebagai berikut :
  1. Demam yang timbul mendadak, suhu panas pada tubuh mencapai 39-40 derajat celcius yang terkadang disertai menggigil dan berlangsung selama 5-7 hari
  2. Demam berakhir dengan mendadak dan disertai keluarnya keringat yang cukup banyak dan tubuh pada penderita menjadi lemas
  3. Rasa nyeri pada seluruh bagian tubuh
  4. Ruam atau muncul bintik merah pada kulit
  5. Pendarahan yang tampak dari luar maupun dalam
  6. Penderita mengalami mual, muntah, nyeri otot, pusing
  7. Rasa panas di belakang bola mata
  8. Nyeri perut dan susah buang air besar

Gejala dan ciri ciri demam berdarah di atas juga berlaku pada penderita demam berdarah pada anak-anak dan jika terdapat perbedaan kemungkinan pada suhu tubuh yang dialami anak-anak karena adakalanya penderita pada anak-anak hanya mengalami demam ringan namun terjadinya juga mendadak sama seperti gejala-gejala yang sudah saya sebutkan di atas.

Dengan mengenali lebih dini ciri-ciri penyakit demam berdarah tentu akan lebih dini juga mendapatkan bantuan medis dan pengobatan secara tepat dan tentunya akan mengurangi resiko yang lebih parah lagi yaitu kematian dan akhirnya semoga artikel ini memberikan manfaat dan kesadaran akan bahaya demam berdarah dengue.

Related Posts: