Terapi narkoba Dengan Metode Detox

Cara mengobati kecanduan narkoba yang paling umum dan banyak dikenal masyarakat luas adalah rehabilitasi narkoba, namun banyak juga cara lain yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan dari ketergantungan narkoba. Seperti yang akan saya ulas dipostingan kali ini.

Terapi Narkoba Dengan Metode Detox seperti apakah prosesnya? mungkin pertanyan itu yang muncul dibenak sebagian orang yang tidak familiar dengan permasalahan narkoba.
Sebelum lanjut ke cara mengobati kecanduan narkoba dengan metode detox, terlebih dahulu kita fahami apa itu detox narkoba.

Detoks adalah langkah pertama untuk terbebas dari ketergantungan narkoba yang mana metode ini hanya menghilangkan ketergantungan secara fisik, namun tidak pada mental si pecandu, atau dengan bahasa yang lebih sederhana kita bisa mengartikan detox adalah mengobati ketergantungan tubuh terhadap zat narkoba.
Setelah tubuh penderita normal tanpa narkoba tidak demikian dengan mental/psikis si penderita, nah untuk mengobati mental si penderita agar tidak ada lagi keinginan untuk mengkonsumsi narkoba, disinilah dibutuhkan rehabilitasi mental dan emosional baik itu melalui pendekatan keagamaan atau memberikan pengertian tentang bahaya narkoba sampai mental si penderita benar-benar tidak ingin lagi untuk mengkonsumsi narkoba.

Terapi Detox Narkoba

Metode "Cold Turkey"
Metode ini adalah yang paling umum digunakan yaitu dengan cara memberhentikan secara total pengkonsumsian narkoba terhadap si pecandu narkoba, namun cara pengobatan ini dampaknya adalah adanya reaksi dari si pemakai narkoba (sakaw) dalam beberapa hari, minggu bahkan bisa beberapa bulan tergantung tingkat ketergantungan penderita terhadap zat narkoba.
Untuk metode ini hendaknya dalam pengawasan dokter

Metode "pengganti (substitusi)"
Cara ini dilakukan dengan cara mengganti zat narkoba yang biasa dikonsumsi dengan zat yang memiliki sifat lebih ringan dari segi adiktif, misalnya obat metadon digunakan segagai pengganti pada penderita kecanduan heroin.
metode ini biasanya digunakan oleh pusat-pusat rehabilitasi narkoba.

Rapid detox
Cara pengobatan ini juga biasanya dilakukan di rumah sakit hal ini dikarenakan metode ini melibatkan anestesi umum. Selama beberapa jam penderita/pecandu narkoba dalam keadaan terbius untuk memasukkan obat detoksifikasi yang dipompa melalui tubuh yang mana obat ini berfungsi untuk membersihkan tubuh dari ketergantungan zat narkoba. Secara sederhana metode pengobatan ini mirip dengan pencucian darah.
Plus minus dari metode ini adalah cara yang tercepat untuk menyembuhkan pasien dari ketergantungan/kecanduan, namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal.

Metode Menyapih (weaning method)
Metode pengobatan ini kurang lebih prosesnya sama dengan metode substitusi yang hendaknya dilakukan dirumah sakit dan pengawasan dokter untuk dapat memberikan dosis yang tepat dan dosis tersebut dikurangi menurut perkembangan si penderita.

KESIMPULAN
Detoksifikasi narkoba dan narkotika merupakan langkah pertama seperti yang telah diuraikan di awal artikel yaitu hanya mengobati ketergantungan tubuh penderita dari zat narkoba. Detoksifikasi narkoba hendaknya dilakukan di rumah sakit, pusat rehabilitasi narkoba, dan dalam pengawasan dokter.
Detoksifikasi melibatkan banyak banyak metode seperti puasa, herbal, olahraga dan diet.
Penggunaan obat detoks beragam sesuai dengan ketergantungan penderita terhadap jenis narkoba yang dipakai.

Baca juga artikel cara mengatasi kecanduan narkoba dengan bunga sirsak

Related Posts: