Contoh Pidato Narkoba Lingkup Pelajar

Contoh Pidato ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi meluasnya peredaran narkoba dan narkotika khususnya di lingkungan pelajar, tugas-tugas sekolah seperti pembuatan naskah pidato narkoba atau bisa juga dengan pentas-pentas seni dengan tema bahaya narkoba dan bisa juga melalui poster narkoba.

Di bawah ini salah satu contoh pidato narkoba lingkup pelajar untuk melengkapi artikel-artikel sebelumnya mengenai dampak penyalahgunaan narkoba, selain contoh pidato narkoba lingkup pelajar, di blog ini juga sudah saya posting contoh naskah pidato narkoba lingkup pemuda dan organisasi untuk lebih lengkapnya silahkan klik link naskah pidato narkoba
pidato narkoba

Contoh pidato narkoba lingkup pelajar

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Partama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan YME, yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini, guna melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia.
Pada kesempatan ini, saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul “ Pentingnya  Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Pelajar.

Sebagaimana yang kita ketahui dari berbagai media cetak/elektronik bahwa penyalahgunaan narkoba telah menjadi permasalahan nasional yang meresahkan. Bahkan penyalahgunaan narkoba tidak hanya terjadi di kalangan pemuda tetapi sudah masuk ruang lingkup dikalangan pelajar, sangat memprihatinkan kita semua tentunya.

Sebenarnya apa yang di maksud narkoba itu ? Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif (obat-obat terlarang dan berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut). Penyalahgunaan Narkoba memiliki dampak buruk yang sangat luas karena tidak saja mengakibatkan kerusakan fisik melalui terganggunya kerja sistem syaraf otak dan organ tubuh lainnya, namun juga menyebabkan kehancuran mental yang berdampak pada kehidupan psikososial penggunanya.
Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan pelajar adalah sebagai berikut :
1.Perubahan dalam sikap, dan kepribadian,
2.Menurunnya kedisiplinan yang secara otomatis mengganggu proses belajar
3.Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah
4.melemahnya stamina yang berakibat susah untuk berkonsentrasi dalam proses belajar
5.Tidak memedulikan kesehatan diri
6.memicu terjadinya kriminalitas seperti perkelahian antar pelajar

Tentunya masih banyak dampak buruk yang tidak bisa saya sampaikan mengingat ketersediaan waktu yang sangat terbatas
        
Masalah penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang komplek, bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat hukum saja,  akan tetapi juga menjadi masalah bagi masyarakat luas, dan peran kita sebagai pelajar dalam mendukung gerakan anti narkoba dapat kita aplikasikan diantaranya dengan mengadakan pentas-pentas seni anti narkoba, membuat kliping narkoba, membuat poster-poster narkoba untuk majalah dinding dan lain sebagainya.

Sekolah yang merupakan tempat proses belajar mengajar hendaknya tidak hanya berkutat pada kurikulum saja namun juga dapat memberikan sosialisasi kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba baik itu melalui forum-forum diskusi ataupun kegiatan-kegiatan yang telah saya sebutkan tadi.

Dengan adanya sosialisasi dan kegiatan-kegiatan tentang bahaya narkoba, diharapkan itu dapat menjadi bekal dan filter dalam pergaulan di luar sekolah.
Dan yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa, karena salah satu penyebab dari penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap.

Dan sebelum saya akhiri pidato tentang bahaya narkoba ini, kembali saya tekankan baik itu untuk diri saya pribadi maupun teman-teman pelajar semuanya, bahwa bahaya narkoba tidak mengenal usia, status sosial dan tidak dibatasi oleh ruang lingkup sosial. Maka dari itu kita sebagai pelajar hendaknya ikut mengambil peran dalam mencegah dari penyalahgunaan narkoba sesuai dengan kapasitas kita sebagai pelajar.

Demikian yang dapat saya sampaikan dan apabila ada tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Baca juga contoh pidato tentang pendidikan di contoh pidato : pidato tentang pendidikan

Related Posts: