11 potensi penyakit akibat obesitas

Resiko penyakit yang diakibatkan obesitas sangat beragam, namun dari hasil penelusuran dari berbagai sumber, penulis menyimpulkan sedikitnya ada 11 potensi penyakit yang diakibatkan obesitas/kegemukan dan hampir kesemuanya merupakan penyakit kronis. Anda termasuk salah seorang obesitas?? wajib baca artikel ini sampai tuntas..
Secara definisi seseorang dapat dikatakan mengalami obesitas saat jumlah lemak dalam tubuhnya sudah mengalami kelebihan menurut ukuran ideal. Obesitas pada pria ketika lemak pada tubuhnya mencapai minimal berlebih 25% dari ukuran ideal sementara obesitas pada wanita jika jumlah lemaknya mencapai lebih dari 30% dari ukuran ideal.

penyakit obesitas
bahaya obesitas
Pada lapisan masyarakat bawah khususnya terdapat kesalahan persepsi dimana kegemukan atau obesitas malah diartikan bahwa orang tersebut sehat secara lahir, padahal kegemukan atau obesitas sangat rentan terhadap munculnya berbagai penyakit, adapun potensi penyakit akibat obesitas diantaranya :

1.Diabetes tipe 2
Dari beberapa studi tentang obesitas menemukan bahwa seseorang yang dianggap obesitas memiliki resiko lebih besar mengidap penyakit diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang ukuran tubuhnya ideal atau kurus sekalipun, dan yang lebih buruk lagi penyakit diabetes tipe 2 ini memiliki potensi terjadinya komplikasi penyakit yang lebih serius lagi seperti serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal sampai kerusakan pada saraf.

2.Serangan jantung
Karena penimbunan lemak yang berlebih pada tubuh maka pada kondisi tertentu lemak tersebut bisa menutupi pembuluh darah jantung yang menyebabkan serangan jantung koroner

3.Hipertensi
Orang gemuk/Obesitas cenderung memiliki tekanan darah tinggi yang diakibatkan tidak normalnya kinerja jantung untuk mengalirkan peredaran darah

4.Sleep apnea
Penyakit ini merupakan gangguan pernafasan yang menyerang khususnya ketika penderita tertidur. sehingga penderita sulit untuk dapat tidur lelap dikarenakan berhentinya berhentinya jalan udara untuk beberapa saat/beberapa kali. Ciri dari penyakit ini adalah susah tidur dan suka mengorok.

5. Asam urat
Orang yang terdiagnosa mengalami obesitas memiliki resiko 4 kali lebih besar mengidap penyakit asam urat, penyakit ini menyerang sendi yang diakibatkan tingginya kadar purin di daerah sendi.

6.Kolesterol tinggi
Mungkin ini adalah penyakit yang sangat akrab dengan orang yang mengalami obesitas karena orang yang memiliki lemak berlebih selalu mengkonsumsi makanan2 yang tinggi akan lemak jenuh dan kurangnya aktivitas yang berfungsi untuk membakar lemak menjadi energi.
Mengenai kolesterol tinggi sudah saya ulas pada artikel kesehatan sebelumnya, dapat anda baca di penyebab penyakit kolesterol tinggi

7.Osteoarthritis
Kelebihan berat badan menyebabkan sendi bagian bawah khususnya mengalami tekanan berlebih untuk menopang tubuh, kondisi ini memungkinkan sendi mengalami osteoarthritis yang akan merusak sendi jika berlangsung dalam waktu yang lama.

8.Kanker
Obesitas punya peran penting dalam pembentukan sel kanker secara aktif, jenis kanker yang kerap ditemui pada penderita obesitas biasanya kanker usus, kanker payudara dan kanker tenggorokan.

9.Gagal jantung
Sama halnya dengan jantung koroner, gagal jantung juga sangat rentan terhadap penderita obesitas dikarenakan susahnya jantung memompa aliran oksigen kedalam darah karena pengaruh lemak yang berlebih 

10.Demensia
Menurut studi 2008 dan survey yang dilakukan di Amerika ditemukan 80% penderita obesitas memiliki resiko penyakit demensia.

11.Varises
varises adalah munculnya gumpalan-gumpalan  berwarna ungu atau biru pada tubuh yang disebabkan melebarnya pembuluh darah vena, faktor yang mempengaruhi penyakit varises ini selain faktor gen juga diakibatkan faktor kegemukan

Selain dampak buruk terhadap kesehatan, obesitas juga dapat mempengaruhi faktor psikologis seseorang, dengan ukuran tubuh yang jauh dari ideal tentunya akan mempengaruhi rasa percaya diri dalam lingkungan pergaulan khususnya wanita. Dari ulasan tentang potensi penyakit akibat obesitas yang singkat ini sekiranya kita dapat meningkatkan kesadaran tentang pola hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari obesitas dan potensi penyakit yang ditimbulkan

Baca juga artikel tentang resep tanaman herbal untuk mengobati jantung koroner

Related Posts: